RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Matematika
Materi :
Grafik Fungsi Trigonometri
Kelas/Semester : X.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1x
pertemuan)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI.2 Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI.3 Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI.4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.10 Menjelaskan fungsi trigonometri
|
3.10.3. Menentukan
nilai fungsi trigonometri
3.10.5. Menentukan periode dari fungsi trigonometri.
|
4.10
Menganalisa
perubahan grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada
fungsi
|
4.10.1. Menggambar
sketsa grafik fungsi
4.10.2 Menggambar sketsa grafik fungsi
4.10.3 Menggambar sketsa grafik fungsi
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan
Pembelajaran yang ingin dicapai :
1. Siswa dapat menentukan nilai fungsi trigonometri, menentukan nilai ekstrem fungsi trigonometri, dan menentukan
periode dari fungsi trigonometri.
2.
Siswa dapat menganalisa
perubahan grafik fungsi trigonometri pada grafik
,
dan
dalam interval
.
D.
Materi Pembelajaran
Apersepsi
Perbandingan Trigonometri Sudut Berelasi
Dalam satu putaran, yaitu 360°, sudut dibagi menjadi empat
relasi, yaitu:
1. Kuadran
I : 0°≤
α ≤ 90°
2. Kuadran
II : 90° < α ≤
180°
3. Kuanran
III : 180° < α ≤ 270°
4. Kuadran
IV : 270° < α ≤ 360°
Perhatikan
gambar berikut!
Perbandingan
Trigonometri Untuk Sudut Diatas 360° atau Sudut Negatif
a.
Perbandingan Trigonometri
Untuk Sudut Diatas 360°
Sin (k × 360° + 𝞪) = sin 𝞪
Cos (k × 360° + 𝞪) = cos 𝞪
tan (k × 360° + 𝞪) = tan 𝞪
cosec (k × 360° + 𝞪) =
cosec 𝞪
sec (k × 360° + 𝞪) = sec 𝞪
cotan (k × 360° + 𝞪) =
cotan 𝞪
Keterangan:
k = banyaknya putaran, dengan nilai k adalah bilangan bulat
positif.
b.
Perbandingan Trigonometri
Sudut Negatif
Sin (- 𝞪) = -sin 𝞪
Cos (-𝞪) = cos 𝞪
tan (-𝞪) = -tan 𝞪
cosec (-𝞪) = -cosec 𝞪
sec (-𝞪) = sec 𝞪
cotan (-𝞪) = -cotan 𝞪
Grafik Fungsi Trigonometri
Cara menggambarkan grafik fungsi trigonometri y = sin x° , y =
cos x°, dan y = tan x° dengan 0 ≤ x ≤ 360 yaitu dengan menggunakan tabel nilai.
- Grafik fungsi y = sin x° (0 ≤ x ≤ 360)
Dengan tabel :
- Grafik fungsi y = cos x° (0 ≤ x ≤ 360)
Dengan
tabel :
- Grafik fungsi y = tan x° ( 0 ≤ x ≤ 360 )
Dengan
tabel :
E.
Pendekatan/Model/MetodePembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Kooperatif
Metode
Pembelajaran : Diskusi kelompok dan pemecahan masalah
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Waktu pertemuan : 2 jam pelajaran
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
RENCANA
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Ketua kelas memimpin untuk mengucapkan salam kepada guru
sebelum memulai pembelajaran.
·
Guru
mengucapkan salam kepada siswa
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari, tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran.
·
Guru mengingatkan
siswa mengenai materi yang berkaitan dengan Grafik fungsi trigonometri yaitu mengingatkan
siswa mengenai besar sudut
istimewa di kuadran I – IV.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengorientasikan
·
Memberi motivasi belajar kepada siswa ;
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari;
Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
·
Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus.
·
Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 – 5 orang.
Mengamati:
·
Guru membagikan LKS kemudian mengarahkan siswa untuk
berdiskusi dengan kelompoknya.
·
Siswa membaca dan
mengamati permasalahan yang diberikan pada lembar kerja
Penyelidikan Individu atau Kelompok
·
Guru berkeliling mengamati kegiatan diskusi sambil
membantu kelompok yang mengalami permasalahan.
·
Mulai
timbul pertanyaan-pertanyaan dari siswa mengenai permasalahan yang diamati
untuk mencari solusinya.
·
Guru memberikan contoh mengerjakan soal yang ada di LKS yaitu
mengerjakan sudut 0˚ , 35˚, dan 45˚ pada grafik fungsi trigonometri dengan
fungsi y = sinx.
Menanya :
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk berusaha memahami permasalahan
dengan membaca materi pada buku sumber jika diperlukan. Atau mencari
permasalahan yang berkaitan dengan materi yang diberikan
Mengumpulkan informasi
·
Siswa dalam setiap
kelompok diarahkan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan.
Mengasosiasikan:
Pengembangan dan Penyajian
Hasil Diskusi
·
Setelah
waktu diskusi selesai, guru meminta perwakilan kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
Mengomunikasikan :
·
Guru
memancing kelompok lain untuk menyampaikan pendapatnya jika berbeda dengan
pendapat kelompok yang presentasi.
·
Guru memberi
penguatan terhadap kesimpulan yang disampaikan siswa. Serta menjelaskan
kembali jika masih ada miskonsepsi.
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Guru meminta siswa
menyimpulkan materi yang sudah dipelajari sambil memberikan kesempatan
siswa untuk bertanya jika ada yang belum dipahami.
·
Guru memberikan tugas berupa PR.
1. Gambarkan
Fungsi
a.
·
Guru
memberitahukan mengenai materi yang akan dipelajari
·
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan memberikan motivasi pada siswa
|
20 menit
|
G.
Teknik Penilaian
·
Sikap
Tehnik :
Observasi saat diskusi
·
Ketrampilan
Tehnik :
Observasi saat diskusi
H.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
·
Media/Alat
White Board, dan Lembar
Kerja Siswa
·
Sumber Belajar
Buku Matematika SMA/MA Kelas X, Puskurbuk,
Balitbang, Kemdikbud,
Lampiran-lampiran
1.
Instrumen Penilaian
·
Instrumen PenilaianPengetahuan
·
Instrumen Penilaian Keterampilan
2.
Lembar Kerja Siswa
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Instrumen Penilaian
Instrumen
PenilaianPengetahuan
Tes tertulis
1. Gambarlah grafik f(x) =
, untuk
Penyelesaian
dan Pedoman Penskoran
NO
|
Uraian Jawaban
|
Skor
|
1
|
17
17
|
|
66
|
||
Skor Maksimum Soal 1
|
100
|
Instrumen Penilaian Keterampilan
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X.IIS.1/ 2
Tahun Pelajaran :
2016/2017
Waktu Pengamatan :
Indikator terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan barisan aritmetika.
1.
Skor 1 : Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan relasi sudut
2.
Skor 2 : Cukup terampil
jika menunjukkan mampumenerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan relasi sudut namun membutuhkan lebih lama.
3.
Skor 3 : Terampil ,jika menunjukkan mampumenerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan relasi sudut dalam waktu normal.
4.
Skor 4 : Sangat terampil
,jika menunjukkan mampu menerapkan konsep/prinsip
danstrategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan relasi sudut dalam waktu yang lebih singkat.
Isilah Skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
|||
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
10
|
|||||
11
|
|||||
12
|
|||||
13
|
|||||
14
|
|||||
15
|
|||||
16
|
|||||
17
|
|||||
18
|
|||||
19
|
|||||
20
|
|||||
21
|
|||||
22
|
|||||
23
|
|||||
24
|
|||||
25
|
|||||
26
|
|||||
27
|
|||||
28
|
|||||
29
|
|||||
30
|
No comments:
Post a Comment