RUBRIK PENILAIAN
Hasil pengukuran, baik melalui tes dan non tes,
menghasilkan data kuantitatif yang berupa skor. Skor ini kemudian ditafsirkan
sehingga menjadi nilai. Kesulitan yang dihadapi adalah menetapkan skor dengan
dengan tepat. Disinilah pentingnya rubrik penilaian. Rubrik penilaian adalah
panduan yang digunakan untuk menentukan skor hasil penyelesaiaan pekerjaan
siswa. Dengan rubrik penilaian, guru akan lebih mudah menentukan skor siwa.
Oleh karena itu, selain menyusun butir-butir instrumen, guru juga perlu
mengembangakan rubrik penilaian.
Menurut Puji Iryanti (2004:13), rubrik dapat dibedakan
menjadi dua yaitu rubrik analitik dan rubrik holistik. Rubrik analitik adalah
pedoman untuk menilai berdasarkan beberapa kriteriayang telah ditentukan. Dengan menggunakan rubrik ini
dapat dianalisa kelemahan dan kelebihan peserta didik terletak pada kriteria
yang mana. Sedangkan rubrik holistik adalah pedoman untuk menilai berdasarkan
kesan keseluruhan atau kombinasi semua kriteria. Dalam rubrik ini, salah satu
penyebutan yang digunakan adalah tingkat 0 (tidak memuaskan), tingkat 1 (kurang memuaskan), tingkat 2 (cukup memuaskan), tingkat 3 (memuaskan
dengan sedikit kekurangan, dan tingkat 4 (superior).
Berikut ini secara berturut-turut merupakan contoh
rubrik penilaian analitik dan rubrik penilaian holistik pada pelajaran
matematika.
1. Tes
Uraian
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
Materi :
Operasi
bilangan Bulat
Butir Soal : Ada sebuah mobil pick up yang
mengangkut 12 kotak apel. Setiap kotak berisikan 24 buah apel. Di toko pertama,
ada 5 kotak apel yang diturunkan. Maka berapakah jumlah apel yang ada di dalam
pick up itu sekarang?
Pedoman
Penyekoran
a) Analitik
Langkah
|
Pembahasan Soal
|
Skor
|
Memahami
masalah
|
Diketahui : sebuah mobil pick up mengangkut
12 kotak apel
Satu Kotak
= 24 buah apel
Banyaknya
kotak apel yang diturunkan = 5 kotak
Ditanya : Berapakah jumlah apel yang ada di dalam
pick up itu sekarang?
Penyelesaian :
|
1
1
|
Merumuskan
pemecahan
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Banyaknya apel yang diangkut sebuah mobil pick up
= 12 kotak apel × Banyaknya
apel dalam satu kotak
Banyaknya apel yang diturunkan
= 5 kotak apel × Banyaknya apel dalam satu kotak
Banyaknya apel yang diangkut sebuah mobil pick up
= 12
x 24 = 288 buah apel
Banyaknya apel yang diturunkan
= 5
x 24 = 120 buah apel
|
3
3
|
Membuat
kesimpulan
|
Jadi, sisa apel di dalam
pickup =
288 - 120 =
168 buah apel
|
2
|
Skor
Maksimum
|
10
|
b) Holistik
Kriteria
|
Skala
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Memahami masalah
|
Tidak memahami masalah
|
Kurang memahami masalah
|
Cukup mampu memahami masalah
|
Mampu memahami masalah
|
Sangat mampu
memahami masalah
|
Merumuskan pemecahan
|
Tidak mampu merumuskan pemecahan
|
mampu merumuskan pemecahan masalah, tetapi tidak
tepat
|
Cukup mampu merumuskan pemecahan masalah
|
Mampu merumuskan pemecahan masalah
|
Sangat mampu
merumuskan pemecahan masalah
|
Melaksananakan pemecahan masalah
|
Tidak mampu melaksanakan pemecahan masalah
|
Mampu melaksanakan pemecahan masalah, tetapi tidak
tepat
|
Cukup mampu melasanakan pemecahan masalah
|
Mampu melasanakan pemecahan masalah
|
Sangat mampu
melasanakan pemecahan masalah
|
Membuat kesimpulan
|
Tidak mampu membuat kesimpulan
|
Mampu membuat kesimpulan, tetapi tidak tepat
|
Cukup mampu membuat kesimpulan
|
Mampu membuat kesimpulan
|
Sangat mampu
membuat kesimpulan
|
Langkah
|
Pembahasan Soal
|
Skor
|
Memahami
masalah
|
Diketahui : sebuah mobil pick up mengangkut
12 kotak apel
Satu Kotak
= 24 buah apel
Banyaknya kotak
apel yang diturunkan = 5 kotak
Ditanya : Berapakah jumlah apel yang ada di dalam
pick up itu sekarang?
Penyelesaian :
|
4
|
Merumuskan
pemecahan
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Banyaknya apel yang diangkut sebuah mobil pick up
= 12 kotak apel × Banyaknya
apel dalam satu kotak
Banyaknya apel yang diturunkan
= 5 kotak apel × Banyaknya apel dalam satu kotak
Banyaknya apel yang diangkut sebuah mobil pick up
= 12
x 24 = 288 buah apel
Banyaknya apel yang diturunkan
= 5
x 24 = 120 buah apel
|
4
4
|
Membuat
kesimpulan
|
Jadi, sisa apel di dalam
pickup =
288 - 120 =
168 buah apel
|
4
|
Skor
Maksimum
|
16
|
Tabel diatas kemudian dapat
ditabulasikan pada table berikut :
No
|
Nama
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Memahami
masalah
|
Merumuskan
pemecahan
|
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Membuat
kesimpulan
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 100 , dengan pedoman sebagai berikut :
|
2. Tes
Uraian
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
Materi :
Operasi
bilangan Bulat
Butir Soal : Pak Arif adalah seorang pedagang , ia menggunakan
modal awal sebesar Rp. 5.200.000. pada hari pertama berjualan, ia memperoleh
keuntungan sebesar Rp.4.500.000. akan tetapi, pada hari esoknya ia justru mengalami
kerugian sebesar Rp. 2.300.000. maka, untuk mengembalikan modal awal ia harus
mendapatkan keuntungan sebesar…
Pedoman
Penyekoran
a) Analitik
Langkah
|
Pembahasan Soal
|
Skor
|
Memahami
masalah
|
Diketahui : Modal awal = Rp. 5.200.000,00 Keuntungan = Rp.4.500.000,00
Kerugian = Rp. 2.300.000,00
Ditanya : untuk mengembalikan modal awal , Berapa
besar keuntungan yang harus diperoleh ?
Penyelesaian :
|
1
1
|
Merumuskan
pemecahan
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Total keuntungan = Keuntungan - Kerugian
Untuk mengembalikan modal awal Pak Arif memerlukan
keuntungan sebesar :
Modal awal - Total keuntungan
Total keuntungan = Rp.4.500.000,00
- Rp. 2.300.000,00
= Rp. 2.200.000,00
|
2
2
|
Membuat
kesimpulan
|
Jadi, untuk mengembalikan modal awal Pak Arif memerlukan
keuntungan sebesar :
Modal awal - Total keuntungan
= Rp. 5.200.000,00 -
Rp. 2.200.000,00
= Rp. 3.000.000,00
|
2
2
|
Skor
Maksimum
|
10
|
b) Holistik
Kriteria
|
Skala
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Memahami masalah
|
Tidak memahami masalah
|
Kurang memahami masalah
|
Cukup mampu memahami masalah
|
Mampu memahami masalah
|
Sangat mampu
memahami masalah
|
Merumuskan pemecahan
|
Tidak mampu merumuskan pemecahan
|
mampu merumuskan pemecahan masalah, tetapi tidak
tepat
|
Cukup mampu merumuskan pemecahan masalah
|
Mampu merumuskan pemecahan masalah
|
Sangat mampu
merumuskan pemecahan masalah
|
Melaksananakan pemecahan masalah
|
Tidak mampu melaksanakan pemecahan masalah
|
Mampu melaksanakan pemecahan masalah, tetapi tidak
tepat
|
Cukup mampu melasanakan pemecahan masalah
|
Mampu melasanakan pemecahan masalah
|
Sangat mampu
melasanakan pemecahan masalah
|
Membuat kesimpulan
|
Tidak mampu membuat kesimpulan
|
Mampu membuat kesimpulan, tetapi tidak tepat
|
Cukup mampu membuat kesimpulan
|
Mampu membuat kesimpulan
|
Sangat mampu
membuat kesimpulan
|
Langkah
|
Pembahasan Soal
|
Skor
|
Memahami
masalah
|
Diketahui : Modal awal = Rp. 5.200.000,00 Keuntungan =
Rp.4.500.000,00
Kerugian = Rp. 2.300.000,00
Ditanya : untuk mengembalikan modal awal , Berapa
besar keuntungan yang harus diperoleh ?
Penyelesaian :
|
4
|
Merumuskan
pemecahan
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Total keuntungan = Keuntungan - Kerugian
Untuk mengembalikan modal awal Pak Arif memerlukan
keuntungan sebesar :
Modal awal - Total keuntungan
Total keuntungan = Rp.4.500.000,00
- Rp. 2.300.000,00
= Rp. 2.200.000,00
|
4
4
|
Membuat
kesimpulan
|
Jadi, untuk mengembalikan modal awal Pak Arif memerlukan
keuntungan sebesar :
Modal awal - Total keuntungan
= Rp. 5.200.000,00 -
Rp. 2.200.000,00
= Rp. 3.000.000,00
|
4
|
Skor
Maksimum
|
16
|
Tabel diatas kemudian dapat
ditabulasikan seperti :
No
|
Nama
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Memahami
masalah
|
Merumuskan
pemecahan
|
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Membuat
kesimpulan
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 –
100 , dengan pedoman sebagai berikut :
3. Tes
Uraian
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
Materi :
Operasi
bilangan Bulat
Butir Soal : Skor sementara dalam
pertandingan basket yang digelar antara tim Indonesia dan tim Malaysia adalah 54 - 40. Beberapa menit kemudian, tim
Indonesia menambah 16 poin, sementara tim Malaysia belum mampu meraih poin tambahan.
Untuk mengalahkan tim Indonesia dengan
keunggulan 6 poin, maka tim Malaysia harus
mengumpulkan ..... poin tambahan
Pedoman
Penyekoran
a) Analitik
Langkah
|
Pembahasan Soal
|
Skor
|
Memahami
masalah
|
Diketahui : Skor sementara Indonesia = 54
Skor sementara
Malaysia = 40
tim Indonesia
menambah 16 poin
Ditanya : Berapa poin yang diperlukan tim Malaysia untuk
mengalahkan tim Indonesia dengan
keunggulan 6 poin ?
Penyelesaian :
|
1
1
|
Merumuskan
pemecahan
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Skor tim
Indonesia setelah menambah 16 poin
= Skor sementara Indonesia + Skor tambahan Indonesia
= 54 + 16 = 70
Skor sementara
tim Malaysia = 40
|
3
3
|
Membuat
kesimpulan
|
Jadi, poin tambahan yang diperlukan tim Malaysia untuk
mengalahkan tim Indonesia dengan
keunggulan 6 poin adalah :
70 + 6 – 40
= 76
- 40
= 36 Poin:
|
2
|
Skor
Maksimum
|
10
|
b) Holistik
Kriteria
|
Skala
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Memahami masalah
|
Tidak memahami masalah
|
Kurang memahami masalah
|
Cukup mampu memahami masalah
|
Mampu memahami masalah
|
Sangat mampu
memahami masalah
|
Merumuskan pemecahan
|
Tidak mampu merumuskan pemecahan
|
mampu merumuskan pemecahan masalah, tetapi tidak
tepat
|
Cukup mampu merumuskan pemecahan masalah
|
Mampu merumuskan pemecahan masalah
|
Sangat mampu
merumuskan pemecahan masalah
|
Melaksananakan pemecahan masalah
|
Tidak mampu melaksanakan pemecahan masalah
|
Mampu melaksanakan pemecahan masalah, tetapi tidak
tepat
|
Cukup mampu melasanakan pemecahan masalah
|
Mampu melasanakan pemecahan masalah
|
Sangat mampu
melasanakan pemecahan masalah
|
Membuat kesimpulan
|
Tidak mampu membuat kesimpulan
|
Mampu membuat kesimpulan, tetapi tidak tepat
|
Cukup mampu membuat kesimpulan
|
Mampu membuat kesimpulan
|
Sangat mampu
membuat kesimpulan
|
Langkah
|
Pembahasan Soal
|
Skor
|
Memahami
masalah
|
Diketahui : Skor sementara Indonesia = 54
Skor sementara
Malaysia = 40
tim Indonesia
menambah 16 poin
Ditanya : Berapa poin yang diperlukan tim Malaysia
untuk mengalahkan tim Indonesia dengan
keunggulan 6 poin ?
Penyelesaian :
|
4
|
Merumuskan
pemecahan
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Skor tim
Indonesia setelah menambah 16 poin
= Skor sementara Indonesia + Skor tambahan Indonesia
= 54 + 16 = 70
Skor sementara
tim Malaysia = 40
|
4
4
|
Membuat
kesimpulan
|
Jadi, poin tambahan yang diperlukan tim Malaysia untuk
mengalahkan tim Indonesia dengan
keunggulan 6 poin adalah :
70 + 6 – 40
= 76
- 40
= 36 Poin:
|
4
|
Skor
Maksimum
|
16
|
Tabel diatas kemudian dapat
ditabulasikan seperti :
No
|
Nama
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Memahami
masalah
|
Merumuskan
pemecahan
|
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Membuat
kesimpulan
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 –
100 , dengan pedoman sebagai berikut :
4. Tes
Uraian
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
Materi :
Operasi bilangan
Bulat
Butir Soal : Pak Gita sedang berusaha
merintis usahanya, karena kekurangan modal, ia meminjam uang ke Bank Cahaya
sebesar Rp. 25.600.000. Ternyata modal tersebut masihlah kurang maka ia
meminjam lagi Rp. 20.200.000. sebulan kemudian pak Gita mampu membayar
hutangnya sebesar Rp. 40.100.000. berapakah sisa hutang pak Gita?
Pedoman
Penyekoran
a) Analitik
Langkah
|
Pembahasan Soal
|
Skor
|
Memahami
masalah
|
Diketahui : Pinjaman pertama = Rp. 25.600.000
Pinjaman kedua
= Rp. 20.200.000
Pembayaran
hutang sebesar Rp. 40.100.000
Ditanya : Berapakah sisa hutang pak Gita??
Penyelesaian :
|
1
1
|
Merumuskan
pemecahan
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Pinjaman uang pak dani dilambangkan
sebagai minus (-)
pinjaman awal = - Rp. 25.600.000 pinjaman kedua= - Rp.20.200.000 + - Rp.45.800.000 di bayarkan = Rp. 40.100.000 |
2
2
|
Membuat
kesimpulan
|
Jadi, sisa hutang pak gita adalah
- Rp.45.800.000 + Rp. 40.100.000
= - Rp.5.700.000
|
2
2
|
Skor
Maksimum
|
10
|
b) Holistik
Kriteria
|
Skala
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Memahami masalah
|
Tidak memahami masalah
|
Kurang memahami masalah
|
Cukup mampu memahami masalah
|
Mampu memahami masalah
|
Sangat mampu
memahami masalah
|
Merumuskan pemecahan
|
Tidak mampu merumuskan pemecahan
|
mampu merumuskan pemecahan masalah, tetapi tidak
tepat
|
Cukup mampu merumuskan pemecahan masalah
|
Mampu merumuskan pemecahan masalah
|
Sangat mampu
merumuskan pemecahan masalah
|
Melaksananakan pemecahan masalah
|
Tidak mampu melaksanakan pemecahan masalah
|
Mampu melaksanakan pemecahan masalah, tetapi tidak
tepat
|
Cukup mampu melasanakan pemecahan masalah
|
Mampu melasanakan pemecahan masalah
|
Sangat mampu
melasanakan pemecahan masalah
|
Membuat kesimpulan
|
Tidak mampu membuat kesimpulan
|
Mampu membuat kesimpulan, tetapi tidak tepat
|
Cukup mampu membuat kesimpulan
|
Mampu membuat kesimpulan
|
Sangat mampu
membuat kesimpulan
|
Langkah
|
Pembahasan Soal
|
Skor
|
Memahami
masalah
|
Diketahui : Pinjaman pertama = Rp. 25.600.000
Pinjaman kedua
= Rp. 20.200.000
Pembayaran
hutang sebesar Rp. 40.100.000
Ditanya : Berapakah sisa hutang pak Gita??
Penyelesaian :
|
4
|
Merumuskan
pemecahan
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Pinjaman uang pak dani dilambangkan
sebagai minus (-)
pinjaman awal = - Rp. 25.600.000 pinjaman kedua= - Rp.20.200.000 + - Rp.45.800.000 di bayarkan = Rp. 40.100.000 |
4
4
|
Membuat
kesimpulan
|
Jadi, sisa hutang pak gita adalah
- Rp.45.800.000 + Rp. 40.100.000
= -
Rp.5.700.000
|
4
|
Skor
Maksimum
|
16
|
Tabel diatas kemudian dapat
ditabulasikan seperti :
No
|
Nama
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Memahami
masalah
|
Merumuskan
pemecahan
|
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Membuat
kesimpulan
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 –
100 , dengan pedoman sebagai berikut :
5. Tes
Uraian
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
Materi :
Operasi
bilangan Bulat
Butir Soal : Seorang pegawai negeri sipil
(PNS) memiliki gaji per bulan sebesar Rp.3.200.000,00, yang terdiri dari :
a.
Gaji pokok Rp. 1.000.000,00 yang tidak kena pajak
b.
Sisanya adalah Gaji
Tunjangan
Jika besar pajak
penghasilan 5 % . Berapa besar gaji yang diperoleh oleh pegawai negeri sipil
(PNS) tersebut ?
Pedoman
Penyekoran
a) Analitik
Langkah
|
Pembahasan Soal
|
Skor
|
Memahami
masalah
|
Diketahui : Gaji per bulan sebesar Rp.3.200.000,00
Gaji
pokok Rp. 1.000.000,00 yang tidak kena
pajak
Gaji
Tunjangan Rp. 2.200.000,00
Besar pajak
penghasilan 5 %
Ditanya : Berapa besar gaji yang diperoleh oleh
pegawai negeri sipil (PNS) tersebut ?
Penyelesaian :
|
1
1
|
Merumuskan
pemecahan masalah
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Besar penghasilan kena pajak
= Gaji – Penghasilan tidak kena pajak
= Rp.3.200.000,00 - Rp. 1.000.000,00
= Rp.2.200.000,00
Besar pajak penghasilan
= 10% × Rp.2.200.000,00
= Rp.220.000,00
Gaji yang diterima
Gaji - Besar pajak penghasilan
= Rp.3.200.000,00 - Rp.220.000,00
= Rp.2.980.000,00
|
3
3
|
Membuat
kesimpulan
|
Jadi, besar gaji yang diperoleh oleh pegawai negeri sipil
(PNS) tersebut adalah = Rp.2.980.000,00
|
2
|
Skor
Maksimum
|
10
|
b) Holistik
Kriteria
|
Skala
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Memahami masalah
|
Tidak memahami masalah
|
Kurang memahami masalah
|
Cukup mampu memahami masalah
|
Mampu memahami masalah
|
Sangat mampu
memahami masalah
|
Merumuskan pemecahan
|
Tidak mampu merumuskan pemecahan
|
mampu merumuskan pemecahan masalah, tetapi tidak tepat
|
Cukup mampu merumuskan pemecahan masalah
|
Mampu merumuskan pemecahan masalah
|
Sangat mampu
merumuskan pemecahan masalah
|
Melaksananakan pemecahan masalah
|
Tidak mampu melaksanakan pemecahan masalah
|
Mampu melaksanakan pemecahan masalah, tetapi tidak
tepat
|
Cukup mampu melasanakan pemecahan masalah
|
Mampu melasanakan pemecahan masalah
|
Sangat mampu
melasanakan pemecahan masalah
|
Membuat kesimpulan
|
Tidak mampu membuat kesimpulan
|
Mampu membuat kesimpulan, tetapi tidak tepat
|
Cukup mampu membuat kesimpulan
|
Mampu membuat kesimpulan
|
Sangat mampu
membuat kesimpulan
|
Langkah
|
Pembahasan Soal
|
Skor
|
Memahami
masalah
|
Diketahui : Gaji per bulan sebesar Rp.3.200.000,00
Gaji
pokok Rp. 1.000.000,00 yang tidak kena
pajak
Gaji
Tunjangan Rp. 2.200.000,00
Besar pajak
penghasilan 5 %
Ditanya : Berapa besar gaji yang diperoleh oleh
pegawai negeri sipil (PNS) tersebut ?
Penyelesaian :
|
4
|
Merumuskan
pemecahan masalah
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Besar penghasilan kena pajak
= Gaji – Penghasilan tidak kena pajak
= Rp.3.200.000,00 - Rp. 1.000.000,00
= Rp.2.200.000,00
Besar pajak penghasilan
= 10% × Rp.2.200.000,00
= Rp.220.000,00
Gaji yang diterima
Gaji - Besar pajak penghasilan
= Rp.3.200.000,00 - Rp.220.000,00
= Rp.2.980.000,00
|
4
4
|
Membuat
kesimpulan
|
Jadi, besar gaji yang diperoleh oleh pegawai negeri sipil
(PNS) tersebut adalah = Rp.2.980.000,00
|
4
|
Skor
Maksimum
|
16
|
Tabel diatas kemudian dapat
ditabulasikan seperti :
No
|
Nama
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Memahami
masalah
|
Merumuskan
pemecahan
|
Melaksananakan
pemecahan masalah
|
Membuat
kesimpulan
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 –
100 , dengan pedoman sebagai berikut :
No comments:
Post a Comment