RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran :
Matematika
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Menengah Pertama
Kelas/Semester : VIII /Ganjil
Materi
Pokok : Phytagoras
Alokasi
Waktu : 15 menit
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkugan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodofikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1
Menghargai danmenghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1
Menunjukkan sikap bersyukur
|
2
|
2.1
Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti,
bertanggungjawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan
masalah.
2.2
Memiliki
rasa ingin tahu, percayadiri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
|
2.1.1
Menunjukkan sikap disiplin dalam belajar
operasi bentuk aljabar.
2.2.1 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam menyelesaikan operasi bentuk
aljabar.
|
3.
|
3.1 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk
menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku.
|
3.1.1
Menghitung panjang sisi segitiga
siku-siku jika sisi lain diketahui.
3.1.2
Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu
sudutnya 300, 450, 600)
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui
diskusi kelompok, tanya jawab, dan pemberian tugas, siswa diharapkan dapat:
1.
Menghitung panjang sisi segitiga
siku-siku jika sisi lain diketahui.
2.
Menghitung
perbandingan sisi - sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300,
450, 600)
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
a.
Materi
Prasyarat
·
Luas Segitiga siku-siku :
·
Luas Persegi :
·
Akar kuadrat suatu bilangan.
Contohnya:
, ,
·
Operasi aljabar
b.
Materi
Ajar
Pythagoras (582 SM – 496 SM)
adalah seorang matematikawan dan filsuf
Yunani yang paling
dikenal melalui teoremanya, yaitu Teorema Pythagoras, yang berbunyi “kuadrat panjang miring (hipotenusa) suatu segitiga
siku-siku sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi-sisi yang lainnya (sisi-sisi
siku-sikunya)”.
Rumus Teorema Phytagoras
adalah sebagai berikut:
Contoh:
Diketahui
ΔXYZ siku-siku di Y dengan panjang sisi XY = 7 cm dan YZ = 24 cm. Berapakah
panjang hipotenusanya?
Penyelesaian:
|
|
|
Dengan
menggunakan teorema Pythagoras,
Maka
dapat dihitung panjang hipotenusanya.
|
Karena XZ ukuran panjang,
maka yang memenuhi XZ = 25
Jadi,
hipotenusa ΔXYZ adalah XZ = 25 cm.
E.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : saintifik (scientific)
2. Model Pembelajaran : Problem
Base Learning
3. Metode
Pembelajaran : Diskusi Kelompok, Tanya
Jawab, dan Penugasan
F.
MEDIA, ALAT,
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media :
1.
LKS (Lembar Kerja Siswa)
2.
Lembar penilaian
Alat : papan tulis, spidol
Sumber:
1. BahanAjarMatematika
SMP (LKS Rasio). Penerbit : Viva
Pakarindo, Jawa Tengah
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam.
·
Guru
mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai pelajaran.
·
Guru
mengecek kehadiran siswa.
·
Guru
menyampaikan materi yang akan dipelajari, tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai dalam kegiatan pembelajaran.
·
Guru mengingatkan siswa mengenai
materi yang berkaitan dengan
Phytagoras. Yaitu mengingatkan siswa mengenai segitiga
yang berkaitan dengan phytagoras.
Organisasi Belajar
·
Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen, tiap kelompok terdiri dari 4 – 5
orang.
|
3
menit
|
Kegiatan Inti
|
Orientasi Masalah
·
Siswa mengamati permasalahan yang diberikan.
·
Guru
membagikan LKS yang berisi permasalahan mengenai Phytagoras (Menghitung
panjang sisi segitiga siku-siku jika sisi lain diketahui). kemudian mengarahkan siswa untuk
berdiskusi dengan kelompoknya.
(Mengamati)
Penyelidikan Individu atau Kelompok
·
Guru
berkeliling mengamati kegiatan diskusi sambil membantu kelompok yang
mengalami permasalahan.
·
Mulai timbul
pertanyaan-pertanyaan dari siswa mengenai permasalahan yang diamati untuk
mencari solusinya.
(Menanya)
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk berusaha memahami permasalahan
dengan membaca materi pada buku sumber jika diperlukan. Atau mencari
permasalahan yang berkaitan dengan materi yang diberikan.
(Mengumpulkan
informasi)
·
Siswa
mendiskusikan permasalahan pada LKS dengan anggota kelompoknya.
·
Siswa
mengaitkan materi pada buku sumber dengan permasalahan pada LKS. Atau
mengaitkan contoh permasalahan yang didapatkan dari sumber dengan
permasalahan pada LKS sehingga
mendapatkan ide untuk menyelesaikan permasalahan pada LKS.
(Mengasosiasikan)
Pengembangan dan Penyajian Hasil Diskusi
·
Setelah waktu diskusi selesai, guru meminta perwakilan
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
·
Guru
menunjuk salah satu kelompok diskusi mempresentasikan hasil diskusinya
sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang
dipresentasikan.
(Mengkomunikasikan)
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
·
Guru memancing kelompok lain untuk menyampaikan
pendapatnya jika berbeda dengan pendapat kelompok yang presentasi.
·
Guru
memberi penguatan terhadap kesimpulan yang disampaikan siswa. Serta menjelaskan
kembali jika masih ada miskonsepsi.
|
5 menit
3 menit
2 menit
|
Penutup
|
·
Guru
meminta siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompoknya.
·
Guru
meminta siswa menyimpulkan materi yang
sudah dipelajari sambil memberikan kesempatan siswa untuk bertanya jika ada
yang belum dipahami.
·
Guru
memberikan tugas mandiri sebagai latihan.
·
Guru
menyampaikan materi pertemuan berikutnya.
·
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan memberikan motivasi pada siswa
|
2
menit
|
H.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1.
Penilaian Proses
a. Afektif
Ø Dengan pengamatan langsung di kelas, guru
mengamati aktivitas, antusias, dan kreatifitas siswa dalam melakukan diskusi.
Ø Dengan menilai keaktifan siswa dalam menjawab
pertanyaan yang diajukan serta keaktifan dalam diskusi kelompok pada saat
megerjakan LKS.
b. Kognitif
Ø Dengan menilai kemampuan siswa dalam
menyampaikan idenya selama pembelajaran berlangsung.
Ø Menilai kemampuan siswa dalam mengerjakan
tugas yang diberikan.
Bentuk : Lembar Pengamatan.
Contoh lembar pengamatan:
No.
|
NamaSiswa
|
Keantusiasan
|
Keseriusan
|
Keaktifan
|
|||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
||
Keterangan:
A Untuksiswa yang sangat antusias,
serius, sertaaktifdalam proses pembelajaran
yang dilakukan di kelas.
B Untuksiswa yang antusias,
serius, sertaaktifdalam proses pembelajaran
yangdilakukan
di kelas.
C Untuksiswa yang cukup antusias,
serius, sertaaktifdalam proses pembelajaran yang dilakukan di kelas.
D Untuksiswa yang kurang antusias,
serius, sertaaktifdalam proses pembelajaran
yang dilakukan di kelas.
2.
Penilaian
Produk
a. Teknik :
Latihan soal
b. Bentuk instrument : Tes esay
c.
Instrument : Tugas Individu
Instrumen:
1. Diketahui ΔXYZ siku-siku
di Y dengan panjang sisi XY = 10 cm dan YZ = 24 cm. Berapakah panjang sisi miringnya?
2. Diketahui
segitiga ABC dengan panjang sisi-sisinya 15 cm, 12 cm, dan 9 cm.
a. Berapakah
panjang sisi terpanjang? Tentukan kuadrat dari panjang sisi terpanjang tersebut.
b. Tentukan
jumlah kuadrat dari dua sisi yang lainnya.
Rubrik
Penilaian:
No
|
Deskripsi Jawaban yang Diinginkan
|
Skor
|
|||
1
|
Diketahui:
ΔXYZ siku-siku di Y dengan panjang sisi XY = 10 cm dan YZ = 24 cm.
Ditanya:
Berapakah panjang sisi miringnya?
Penyelesaian:
Misalkan:
Panjang sisi miring ΔXYZ = c
Panjang
sisi siku-siku XY = a
Panjang
sisi siku-siku YZ = b
Dengan
menggunakan teorema Pythagoras, maka dapat di hitung
panjang sisi miringya
sebagai berikut.
Karena XZ
ukuran panjang, maka yang
memenuhi XZ = 26.
Jadi, sisi
miring
ΔXYZ adalah XZ = 26 cm.
|
2
2
15
3
11
20
2
|
|||
2.
|
Penyelesaian:
a. Sisi
terpanjang dari segitiga ABC adalah 15 cm. Kuadrat dari panjang sisi terpanjang
tersebut adalah 225.
b. Jumlah
kuadrat dari dua sisi lainnya yaitu 122 + 92 = 144 + 81
= 225.
|
10
10
|
|||
Jumlah
|
100
|
Perhitungan nilai akhir dalam skala
0 – 100 adalah sebagai berikut:
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VIII / I (Ganjil)
Materi Pokok : Pythagoras
Tujuan Pembelajaran:
Melalui diskusi kelompok,
Tanya jawab, dan pemberian tugas, siswa diharap kan dapat:
1.Menghitung panjang
sisi segitiga siku-siku jika sisi lain diketahui.
Petunjuk diskusi :
a.
Duduklah sesuai dengan kelompokmu!
b.
Isilah nama anggota kelompok pada kolom dibawah ini!
c. Baca dan pahami LKS yang dibagikan!
d. Kerjakan dan lengkapi LKS dengan tertib
dan tenang!
e. Jika ada hal-hal yang kurang jelas silahkan tanyakan kepada gurumu!
LKS 1
|
Suatu segitiga siku-siku
diketahui panjang salah satu sisi siku-sikunya adalah 6 cm dan panjang sisi miringnya
adalah 10 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain!
|
LKS 2
Jika
panjang sisi segitiga siku-siku adalah p cm, dan q cm dan panjang sisi
miringnya adalah r cm maka tuliskan hubungan antara p, q, dan r ?
|
No comments:
Post a Comment