RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : Matematika-Wajib
Kelas/Semester : VII(Tujuh)/1
Topik : Garis
dan Sudut
Alokasi Waktu : (1
kali pertemuan)
Pertemuan ke : 2 (dua)
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkugan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodofikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1.1
Berdoa
sebelum dan sesudah mengerjakan sesuatu
1.1.2
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat
|
|
2.1
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
|
2.1.1
Menghargai pendapat orang lain
2.1.2
Menyelesaikan tugas/diskusi dengan penuh tanggung jawab
2.1.3
Menunjukkan kerja sama yang baik
|
|
3.1
Memahami berbagai konsep dan prinsip garis dan sudut dalam pemecahan
masalah
|
3.1.1
Menentukan
jenis-jenis sudut
3.1.2
Menentukan
besar sudut-sudut berpelurus dan berpenyiku
|
|
4.1
Menerapkan berbagai konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam
pembuktian matematis serta pemecahan masalah nyata
|
4.1.1
Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat
4.1.2
Menerapkan berbagai konsep dan sifat-sifat sudut dalam
pemecahan masalah nyata
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah melalui proses pengamatan, menanya, dan
diskusi diharapkan
siswa dapat :
1.
Mengetahui jenis-jenis sudut
2.
Mengukur
besar sudut menggunakan busur derajat
D. Materi
Pembelajaran
ü Pengertian
sudut
Sudut
dibentuk oleh dua sinar garis yang mempunyai satu titik pangkal yang sama
(berhimpitan). Satuannya yaitu derajat. Sudut biasanya diberi nama dengan tiga
huruf besar. atau terkadang hanya dengan satu huruf besar. penamaan sudut
diawali dengan symbol sudut.
Untuk
mengukur sebuah sudut biasanya digunakan busur derajat. Alat ini juga bisa
digunakan untuk membuat sebuah sudut
ü Jenis-jenis
sudut
a.
Sudut
lancip adalah sudut yang besarnya antara 0º dan 90º.
b.
Sudut siku-siku adalah sudut yang
besarnya 90°
c.
Sudut
tumpul adalah Sudut yang besarnya antara 90º dan 180º.
d.
Sudut
lurus adalah sudut yang besarnya 180º.
e.
Sudut
refleks adalah sudut yang besarnya antara 180º dan 360º.
E.
Pendekatan/Model/MetodePembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Kooperatif
Metode Pembelajaran : Pemberian tugas, diskusi kelompok dan pemecahan masalah
F.
Media,
alat dan Sumber pembelajaran
-
Buku guru dan buku siswa mata pelajaran matematika kelas VII
-
LKS
G. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
RENCANA
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam.
·
Guru
mengecek kehadiran siswa.
·
Guru
menyampaikan materi yang akan dipelajari, tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai dalam kegiatan pembelajaran.
·
Guru mengingatkan siswa mengenai
materi yang berkaitan dengan
Garis dan sudut yaitu mengingatkan siswa mengenai kedudukan
dua buah garis.
|
3
menit
|
Inti
|
Organisasi Belajar
Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen, tiap kelompok terdiri dari 4 – 5
orang.
Mengamati:
·
Guru
membagikan LKS kemudian mengarahkan siswa untuk berdiskusi dengan
kelompoknya.
·
Siswa membaca dan mengamati
permasalahan yang diberikan pada lembar kerja
Penyelidikan Individu atau Kelompok
·
Guru
berkeliling mengamati kegiatan diskusi sambil membantu kelompok yang
mengalami permasalahan.
·
Mulai timbul
pertanyaan-pertanyaan dari siswa mengenai permasalahan yang diamati untuk
mencari solusinya.
Menanya :
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk berusaha memahami permasalahan
dengan membaca materi pada buku sumber jika diperlukan. Atau mencari
permasalahan yang berkaitan dengan materi yang diberikan
Mengumpulkan informasi
·
Siswa dalam setiap
kelompok diarahkan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan menggunakan
konsep sudut.
Mengasosiasikan:
Pengembangan dan Penyajian Hasil Diskusi
·
Setelah waktu diskusi selesai, guru meminta perwakilan
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
Mengomunikasikan :
·
Guru memancing kelompok lain untuk menyampaikan
pendapatnya jika berbeda dengan pendapat kelompok yang presentasi.
·
Guru memberi
penguatan terhadap kesimpulan yang disampaikan siswa. Serta menjelaskan
kembali jika masih ada miskonsepsi.
|
9
menit
|
Penutup
|
·
Guru
meminta siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompoknya.
·
Guru
meminta siswa menyimpulkan materi yang
sudah dipelajari sambil memberikan kesempatan siswa untuk bertanya jika ada
yang belum dipahami.
·
Guru
memberikan kuis kepada siswa
·
Guru
memberikan tugas berupa PR dan menyampaikan
materi pertemuan berikutnya.
·
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan memberikan motivasi pada siswa
|
3
menit
|
H. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
No
|
Aspek yang diamati/dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap bersyukur
|
Penilaian diri
|
|
2
|
Sikap disiplin
|
Pengamatan, Penilaian Diri
|
Kegiatan inti
dan Penutup
|
3
|
Sikap ingin tahu
|
Pengamatan, Penilaian Diri
|
Kegiatan inti
dan Penutup
|
4
|
Pengetahuan: menentukan jenis dan
besar sudut
|
Penugasan (mengerjakan latihan)
|
Kegiatan Inti
|
Tes tertulis
|
Di
akhir proses
pembejalaran
|
2. Bentuk Instrumen
-
Angket Penilaian Diri
-
Tes uraian
RUBRIK PENSKORAN
Instrumen
|
Alternatif
jawaban
|
skor
|
1. Nyatakanlah setiap sudut berikut ini, apakah termasuk
sudut lancip, tumpul, lurus, siku-siku atau Sudut refleks.
a.
b.
|
a.
1/2 x 180 = 90o
Sudut siku-siku
b.
2/3 x 90 = 60o
Sudut lancip
|
25
25
25
25
|
Jumlah
|
100
|
Kelompok :
Nama
Anggota : 1.
2.
3.
4.
5.
1. Perhatikan gambar berikut:
A
|
B
|
C
|
Sebutkan bagian-bagian
dari sudut ABC diatas
Ø AB = …….…….
Ø BC = …………..
Ø B = …………...
2. Ukurlah
besar sudut dan tentukan
jenis sudut pada gambar berikut.
a.
b.
Ukurlah besar sudut B, dan sudut E dengan
menggunakan busur derajat.
Ø Langkah 1: Letakkan titik tengah busur di sudut yang
ingin kalian ukur
Ø Langkah 2: Tempatkan salah satu kaki
sudutnya pada 0°.
Ø Langkah 3 : Bacalah angka pada busur
derajat yang dilalui oleh kaki sudut yang lain. Angka inilah yang merupakan
besar sudut itu.
a. Besar sudut B = ……..
Jenis sudut : ………...
b. Besar sudut E = ……..
Jenis sudut : …………
Soal
Kuis
Kerjakan soal berikut
dengan baik dan benar!
1. Nyatakanlah setiap sudut berikut ini, apakah termasuk
sudut lancip, tumpul, lurus, siku-siku atau Sudut refleks.
a.
sudut
lurus
b.
sudut
siku-siku
No comments:
Post a Comment