RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
:
Kelas/Semester :
XI /Genap
Mata Pelajaran :
Matematika
Materi Pokok : Aturan Pencacahan
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
2.1
|
:
|
Memilikimotivasiinternal, kemampuan
bekerjasama,
konsisten, sikap disiplin,
rasa percayadiri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalammemilih dan menerapkan
strategi menyelesaikan
masalah.
|
2.2
|
:
|
Mampu mentransformasidiri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
|
2.3
|
:
|
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab, rasa ingin
tahu,
jujurdan perilakupedulilingkungan.
|
3.15
|
:
|
Mendeskripsikan konsep ruang sampel dan menentukan peluang suatu
kejadian dalam suatu percobaan.
|
3.16
|
:
|
Mendeskripsikan dan menerapkan aturan/rumus peluang dalam memprediksi
terjadinya suatu kejadian dunia nyata serta menjelaskan alasan-alasannya.
|
3.17
|
:
|
Mendeskripsikan konsep peluang dan harapan suatu kejadian dan
menggunakannya dalam suatu pemecahan masalah.
|
4.12
|
:
|
Mengidentifikasi, menyajikan model matematika, dan
menentukan peluang dan harapan suatu kejadian dari masalah kontekstual.
A.
|
Indikator :
1.
Menjelaskan konsep ruang sampel suatu kejadian.
2.
Mendeskripsikan peluang suatu kejadian dalam
suatu percobaan.
3.
Mendeskripsikan
rumus peluang dan menggunakannya dalam memprediksi terjadinya suatu
kejadian dunia nyata serta menjelaskan alasan- alasannya.
4.
Menggunakan konsep peluang dan harapan suatu
kejadian untuk memecahkan masalah.
5.
Terampil menyajikan model matematika dari suatu
masalah nyata yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
6.
Terampil menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan peluang dan harapan suatu kejadian.
C.
Materi
Ajar
PELUANG
-
RuangSampel
Prinsip:
Misalkan
dipilih
1. Jika ada urutan dalam pemilihan
2. Jika
tidak urutan dalam pemilihan
|
-
PeluangKejadianMajemuk
Untukkejadianmajemuk,
peluangnyaadalah:
D. Sumber Belajar
1.
Buku Pegangan. LKS
Kreatif Matematika Untuk SMA/MA kelas XI Semester 2.
2.
Lingkungan di sekitar
siswa.
E. Media Pembelajaran
Kumpulan benda-benda di sekitar kelas
dan lingkungan sekolah.
F. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran:Discovery learning
3. Metode : Diskusi, tanya jawab,
dan penugasan
G.
Langkah
– langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2. Siswa menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan
dengan materi sebelumnya.
3. Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran dan aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan.
4. Siswa menerima informasi tentang kompetensi,
ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan
5. Sebelum mulai pembelajaran guru
memberi materi apersepsi untuk memotivasi siswa.
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Guru membagi siswa ke
dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 5 siswa dengan
kemampuan yang heterogen.
·
Mengarahkan semua
kelompok agar mendiskusikan soalpadabukuLKS
·
Tiap kelompok
mendapat tugas mengenai mencari peluangdarisuatukejadian dalam kehidupan sehari-hari.
·
Siswa mendefinisikan
dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut.
Menanya
·
Apabila
siswa belum mampu menjawabnya atau ada siswa yang bertanya, guru memberi scaffolding, dengan mengingatkan siswa
melalui berbagai contoh yang sesuai dengan permasalahan padabuku lembar kerja siswa.
Mengeksplorasi
·
Guru
melakukanaktivitas tanya jawabdengansiswa, agar siswadapat
memperluas pemahaman tentang peluang
dan cara menyelesaikannya,kemudian
kembali berdiskusi dengan teman satu kelompoknya.
·
Selama siswa bekerja
di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk
terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh
pekerjaannya.
Mengasosiasi / mengolah informasi
·
Melaluiinformasi-informasi yang diperoleh,
dandaridiskusidengantemankelompoknyasiswamenganalisismasalahpadabuku LKS
hinggamampumenemukancarapenyelesaiannya.
Mengkomunikasikan
·
Salah satu anggota kelompok
menyampaikan hasil diskusinya.
·
Secara klasikal, siswa kelompok lain dan guru menanggapi, hasil presentasi meliputi tanya jawab
untuk mengkonfirmasi, melengkapi informasi atau memberi penguatan atas suatu
pendapat.
·
Guru memberikan penguatan kepada siswa yang menyelesaikan
tugasnya dengan baik dan kepada siswa yang aktif.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Untuk mengevaluasi pembelajaran materi peluang, guru memberikan kuis sebelum
pembelajaran berakhir.
2. Guru mengarahkan siswa untuk dapat menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
3. Guru memberikan PR
4. Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi
pada pertemuan berikutnya.
|
20
menit
|
H. Penilaian
1. Sikap
Spritual
a.
Teknik
Penilaian : Observasi dan Penilaian
Diri
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi dan Lembar Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah
Butir Instrumen
|
1.
|
Bersyukur atas anugrah
Tuhan
|
Tekun melaksanakan
doa sebelum memulai pelajaran.
|
1
|
Seriusdalammengikutipembelajaranmatematika.
|
1
|
||
JUMLAH
|
2
|
d.
Instrumen : Lembar Observasi (Lampiran 1A)
dan
Lembar Penilaian Diri
(Lampiran 1C).
e. Petunjuk Penghitungan Skor (Lampiran 1B).
2.
Sikap
Sosial
a. Teknik Penilaian :
Observasi dan Penilaian Diri.
b. Bentuk Instrumen : Lembar
Observasi dan Lembar Penilaian Diri.
c. Kisi-kisi
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah
Butir Instrumen
|
1.
|
Memiliki rasa ingintahudanpercayadiri.
|
Sukabertanyaselama proses pembelajaran
|
1
|
Beranipresentasidi depankelas.
|
1
|
||
Memilliki sikap santun terhadap teman
|
1
|
||
Menghargai pendapat teman dalam
kelompok
|
1
|
||
JUMLAH
|
4
|
d. Instrumen :
Lembar Observasi (Lampiran 2A) dan
Lembar Penilaian Diri
(Lampiran 2C).
e. Petunjuk Penghitungan Skor (Lampiran 2B).
3.
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes
Tertulis.
b. Bentuk Instrumen : Jawaban
singkat.
c. Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Jumlah
Butir Soal
|
1.
|
Menjelaskan konsep
ruang sampel suatu kejadian.
|
1
|
2.
|
Mendeskripsikan peluang
suatu kejadian dalam suatu percobaan.
|
1
|
3.
|
Mendeskripsikan rumus peluang dan menggunakannya dalam
memprediksi terjadinya suatu kejadian dunia nyata serta menjelaskan alasan-
alasannya.
|
1
|
4.
|
Menggunakan konsep peluang
dan harapan suatu kejadian untuk memecahkan masalah.
|
1
|
5.
|
Terampil menyajikan
model matematika dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan peluang suatu
kejadian.
|
1
|
6.
|
Terampil menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan peluang dan harapan suatu kejadian.
|
1
|
JUMLAH
|
6
|
d. Instrumen :
Lampiran 3A.
e. Petunjuk (rubrik) penskoran dan penentuan nilai : Lampiran 3B.
4.
Keterampilan
A. Kriteria
penugasan materi/diskusi
4 = apabila SELALU
melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
3 = apabila SERING melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
2 = apabila
KADANG-KADANG sesuai pernyataan yang
diberikan
1 = apabila TIDAK
PERNAH sesuai pernyataan yang diberikan
Rubrik Penilaian
Diskusi
No
|
Nama
|
Penguasaan materi
|
Kemampuan menyampaikan pendapat
|
Kontribusi
|
Menerima pendapat teman
|
Jumlah
skor
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
Rumus
Penilaian
B. Kriteria
Penugasan
4 = sangat lengkap, apabila semua
kriteria terpenuhi
3 = lengkap, apabila salah satu kriteria
belum terpenuhi
2 = kurang lengkap, apabila dua kriteria
belum terpenuhi
1 =
sangat tidak lengkap, apabila hanya satu kriteria terpenuhi
Rubrik
penilaian penugasan
No
|
Nama
|
Kesesuaian
|
Kelengkapan
|
Kebenaran
|
Kerapian
|
Jumlah
skor
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
Rumus
Penilaian
LAMPIRAN
INSTRUMEN PENILAIAN
PENGETAHUAN
Petunjuk:
1.
Jawablahpadalembarjawaban yang telahdisediakan.
2.
Selesaikansoalberikutdenganjelas.
Soal:
Dalam
sebuah kolam kecil terdapat sebanyak 10 ikan lele dan sebanyak 5 ikan gurame.
Dengan menggunakan jaring tangan, akan diambil 12 ikan secara acak. Hitunglah
nilai peluangnya jika yang terambil itu adalah:
a) 10 ikan lele dan 2 ikan gurame
b)
9 ikan lele dan 3 ikan gurame
PET
No.
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Jelasuntukkasusini, banyakcaramemilih 12
ikandari 15 ikan yang adadihitungdenganmenggunakankombinasi, yaitu:
a. Banyakcaramemilih
10 ikanleledari 10 ikanleledanmemilih 2 ikanguramedari 5 ikangurame,
dihitungmenggunakankonsepkombinasi, yaitu:
Jadi,
peluangterambilnya 10 ikanleledan 2 ikangurameadalah:
b. Banyakcaramemilih
9 ikanleledari 10 ikanleledanmemilih 3 ikanguramedari 5 ikangurame,
dihitungmenggunakankonsepkombinasi, yaitu:
Jadi,
peluangterambilnya 10 ikanleledan 2 ikangurameadalah:
|
10
10
10
10
10
|
Total Skor akhir
|
50
|
No comments:
Post a Comment