Sunday, June 11, 2017

Contoh RPP Phytagoras




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                     Mata Pelajaran                      : Matematika
                     Satuan Pendidikan                : Sekolah Menengah Pertama
                     Kelas/Semester                      : VIII /Ganjil
                     Materi Pokok                         : Phytagoras
                     Alokasi Waktu                       :  15 menit
                

A.    KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkugan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodofikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.             
1.1        Menghargai danmenghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1  Menunjukkan sikap bersyukur
2               
2.1        Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggungjawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2        Memiliki rasa ingin tahu, percayadiri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.1.1  Menunjukkan sikap disiplin dalam belajar operasi bentuk aljabar.



2.2.1 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam menyelesaikan operasi bentuk aljabar.

3.
3.1 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku.

3.1.1        Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika sisi lain diketahui.
3.1.2        Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600)






C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui diskusi kelompok, tanya jawab, dan pemberian tugas, siswa diharapkan dapat:
1.               Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika sisi lain diketahui.
2.               Menghitung perbandingan sisi - sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600)

D.    MATERI PEMBELAJARAN
a.      Materi Prasyarat
·         Luas Segitiga siku-siku :
·         Luas Persegi       :
·         Akar kuadrat suatu bilangan.
Contohnya: ,
·         Operasi aljabar
b.      Materi Ajar
Pythagoras (582 SM – 496 SM) adalah seorang matematikawan dan filsuf Yunani yang paling dikenal melalui teoremanya, yaitu Teorema Pythagoras, yang berbunyi “kuadrat panjang miring (hipotenusa) suatu segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi-sisi yang lainnya (sisi-sisi siku-sikunya)”.
Rumus Teorema Phytagoras adalah sebagai berikut:

Contoh:
Diketahui ΔXYZ siku-siku di Y dengan panjang sisi XY = 7 cm dan YZ = 24 cm. Berapakah panjang hipotenusanya?
Penyelesaian:

7
 

y
 

x
 
                                                            Dengan menggunakan teorema Pythagoras,
                                                            Maka dapat dihitung panjang hipotenusanya.

z
 
Karena XZ ukuran panjang, maka yang memenuhi XZ = 25
Jadi, hipotenusa ΔXYZ adalah XZ = 25 cm.

E. METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan                 :    saintifik (scientific)
2.    Model Pembelajaran   :    Problem Base Learning
3.    Metode Pembelajaran :    Diskusi Kelompok, Tanya Jawab, dan Penugasan

F.   MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media  :
1.       LKS (Lembar Kerja Siswa)
2.      Lembar penilaian 
Alat      : papan tulis, spidol
Sumber:
1.    BahanAjarMatematika SMP (LKS Rasio). Penerbit : Viva Pakarindo, Jawa Tengah



G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan










·         Guru mengucapkan salam.
·         Guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai pelajaran.
·         Guru mengecek kehadiran siswa.
·         Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran.
·         Guru mengingatkan siswa mengenai materi yang berkaitan dengan Phytagoras. Yaitu mengingatkan siswa mengenai segitiga yang berkaitan dengan phytagoras.

Organisasi Belajar
·         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen, tiap kelompok terdiri dari 4 – 5 orang.
3 menit
Kegiatan Inti
Orientasi Masalah
·         Siswa mengamati permasalahan yang diberikan.
·         Guru membagikan LKS yang berisi permasalahan mengenai Phytagoras (Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika sisi lain diketahui). kemudian mengarahkan siswa untuk berdiskusi dengan kelompoknya.

(Mengamati)
Penyelidikan Individu atau Kelompok
·         Guru berkeliling mengamati kegiatan diskusi sambil membantu kelompok yang mengalami permasalahan.
·         Mulai timbul pertanyaan-pertanyaan dari siswa mengenai permasalahan yang diamati untuk mencari solusinya.
(Menanya)
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berusaha memahami permasalahan dengan membaca materi pada buku sumber jika diperlukan. Atau mencari permasalahan yang berkaitan dengan materi yang diberikan.

(Mengumpulkan informasi)
·         Siswa mendiskusikan permasalahan pada LKS dengan anggota kelompoknya.
·         Siswa mengaitkan materi pada buku sumber dengan permasalahan pada LKS. Atau mengaitkan contoh permasalahan yang didapatkan dari sumber dengan permasalahan  pada LKS sehingga mendapatkan ide untuk menyelesaikan permasalahan pada LKS.

(Mengasosiasikan)
Pengembangan dan Penyajian Hasil Diskusi
·         Setelah waktu diskusi selesai, guru meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
·         Guru menunjuk salah satu kelompok diskusi mempresentasikan hasil diskusinya sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan.




(Mengkomunikasikan)
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
·         Guru memancing kelompok lain untuk menyampaikan pendapatnya jika berbeda dengan pendapat kelompok yang presentasi.
·         Guru memberi penguatan terhadap kesimpulan yang disampaikan siswa. Serta menjelaskan kembali jika masih ada miskonsepsi.
5 menit




















3 menit













2 menit









Penutup
·         Guru meminta siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompoknya.
·         Guru meminta siswa  menyimpulkan materi yang sudah dipelajari sambil memberikan kesempatan siswa untuk bertanya jika ada yang belum dipahami.
·         Guru memberikan tugas mandiri  sebagai latihan.
·         Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya.
·         Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan memberikan motivasi pada siswa
2         menit


H.    PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.       Penilaian Proses
a.      Afektif
Ø  Dengan pengamatan langsung di kelas, guru mengamati aktivitas, antusias, dan kreatifitas siswa dalam melakukan diskusi.
Ø   Dengan menilai keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan serta keaktifan dalam diskusi kelompok pada saat megerjakan LKS.
b.      Kognitif
Ø  Dengan menilai kemampuan siswa dalam menyampaikan idenya selama pembelajaran berlangsung.
Ø  Menilai kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
Bentuk : Lembar Pengamatan.
Contoh lembar pengamatan:
No.
NamaSiswa
Keantusiasan
Keseriusan
Keaktifan


A
B
C
D
A
B
C
D
A
B
C
D





























Keterangan:
A       Untuksiswa yang sangat antusias, serius, sertaaktifdalam proses     pembelajaran yang dilakukan di kelas.
B       Untuksiswa yang antusias, serius, sertaaktifdalam proses     pembelajaran
yangdilakukan di kelas.
C       Untuksiswa yang cukup antusias, serius, sertaaktifdalam proses      pembelajaran   yang dilakukan di kelas.
D       Untuksiswa yang kurang antusias, serius, sertaaktifdalam proses    pembelajaran yang dilakukan di kelas.

2.      Penilaian Produk
a.       Teknik                               : Latihan soal
b.      Bentuk instrument                        : Tes esay
c.       Instrument                         : Tugas Individu
Instrumen:
1.      Diketahui ΔXYZ siku-siku di Y dengan panjang sisi XY = 10 cm dan YZ = 24 cm. Berapakah panjang sisi miringnya?
2.      Diketahui segitiga ABC dengan panjang sisi-sisinya 15 cm, 12 cm, dan 9 cm.
a.    Berapakah panjang sisi terpanjang? Tentukan kuadrat dari panjang sisi terpanjang tersebut.
b.    Tentukan jumlah kuadrat dari dua sisi yang lainnya.



Rubrik Penilaian:
No
Deskripsi Jawaban yang Diinginkan
Skor
1
Diketahui: ΔXYZ siku-siku di Y dengan panjang sisi XY = 10 cm dan YZ = 24 cm.
Ditanya: Berapakah panjang sisi miringnya?
Penyelesaian:
 







Misalkan: Panjang sisi miring ΔXYZ = c
Panjang sisi siku-siku XY = a
Panjang sisi siku-siku YZ = b
Dengan  menggunakan  teorema Pythagoras, maka dapat di hitung panjang sisi miringya sebagai berikut.
Karena XZ ukuran  panjang, maka yang memenuhi XZ = 26.
Jadi, sisi miring ΔXYZ adalah XZ = 26 cm.

2
2


15






3



11


20


2
2.
Penyelesaian:
a.    Sisi terpanjang dari segitiga ABC adalah 15 cm. Kuadrat dari panjang sisi terpanjang tersebut adalah 225.
b.    Jumlah kuadrat dari dua sisi lainnya yaitu 122 + 92 = 144 + 81 = 225.


10

10


Jumlah
100

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:





LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas / Semester       : VIII / I (Ganjil)
Materi Pokok           :  Pythagoras
 


Tujuan Pembelajaran:
Melalui diskusi kelompok, Tanya jawab, dan pemberian tugas, siswa diharap kan dapat:
1.Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika sisi lain diketahui.
Petunjuk diskusi       :
a.       Duduklah sesuai dengan kelompokmu!
b.      Isilah nama anggota kelompok pada kolom dibawah ini!
c.       Baca dan pahami LKS yang dibagikan!
d.      Kerjakan dan lengkapi LKS dengan tertib dan tenang!
e.       Jika ada hal-hal yang kurang jelas silahkan tanyakan kepada gurumu!
Folded Corner: Kelompok: …..
NamaKelompok
1. ………………………………………………………………………..
2. …………………………………………………………………..........
3. ……………………………………………………………………….
4. ………………………………………………………………………..

 









LKS 1

.............................................................................................................................
............................................................................................................................
 
Suatu segitiga siku-siku diketahui panjang salah satu sisi siku-sikunya adalah 6 cm dan panjang sisi miringnya adalah 10 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain!

                                                                 



5m
 
Text Box: 5 mText Box: 3 mmLKS 2
Jika panjang sisi segitiga siku-siku adalah p cm, dan q cm dan panjang sisi miringnya adalah r cm maka tuliskan hubungan antara p, q, dan r ?

.............................................................................................................................
............................................................................................................................
 
    


No comments:

Post a Comment

sitemap