Sunday, June 11, 2017

RPP Aturan Pencacahan




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                               :
Kelas/Semester       : XI /Genap
Mata Pelajaran        : Matematika
Materi Pokok          : Aturan Pencacahan
Alokasi Waktu        : 2 × 45 menit

A.    Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
2.1
:
Memilikimotivasiinternal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalammemilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2
:
Mampu mentransformasidiri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3
:
Menunjukkan sikap bertanggungjawab, rasa ingin tahu, jujurdan perilakupedulilingkungan.
3.15
:
Mendeskripsikan konsep ruang sampel dan menentukan peluang suatu kejadian  dalam suatu percobaan.

3.16
:
Mendeskripsikan dan menerapkan aturan/rumus peluang dalam memprediksi terjadinya suatu kejadian dunia nyata serta menjelaskan alasan-alasannya.
3.17
:
Mendeskripsikan konsep peluang dan harapan suatu kejadian dan menggunakannya dalam suatu pemecahan masalah.
4.12
:
Mengidentifikasi, menyajikan model matematika, dan menentukan peluang dan harapan suatu kejadian dari masalah kontekstual.
A.
Indikator :
1.      Menjelaskan konsep ruang sampel suatu kejadian.
2.      Mendeskripsikan peluang suatu kejadian dalam suatu percobaan.
3.      Mendeskripsikan  rumus peluang dan menggunakannya dalam memprediksi terjadinya suatu kejadian dunia nyata serta menjelaskan alasan- alasannya.
4.      Menggunakan konsep peluang dan harapan suatu kejadian untuk memecahkan masalah.
5.      Terampil menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
6.      Terampil menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan peluang dan harapan suatu kejadian.
C.    Materi Ajar
PELUANG
-          RuangSampel

Prinsip:
Misalkan dipilih unsur dari unsur (secara acak) yang tersedia, dengan maka:
1.       Jika ada urutan dalam pemilihan  unsur, maka menentukan banyak cara pemilihan ditentukan dengan .
2.      Jika tidak urutan dalam pemilihan unsur, maka menentukan banyak cara pemilihan ditentukan dengan
 








-          PeluangKejadianMajemuk
Untukkejadianmajemuk, peluangnyaadalah:
, dengan dan untukkejadianmajemuk.

D.    Sumber Belajar
1.      Buku Pegangan. LKS Kreatif Matematika Untuk SMA/MA kelas XI Semester 2.
2.      Lingkungan di sekitar siswa.


E.     Media Pembelajaran
Kumpulan benda-benda di sekitar kelas dan lingkungan sekolah.

F.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendekatan              :    Saintifik
2.      Model Pembelajaran:Discovery learning
3.      Metode                     :    Diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.    Langkah – langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2.      Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
3.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan.
4.      Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran  serta metode yang akan dilaksanakan
5.      Sebelum mulai pembelajaran guru memberi materi apersepsi untuk memotivasi siswa.
10 menit
Inti
Mengamati
·         Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 5 siswa dengan kemampuan yang heterogen.
·         Mengarahkan semua kelompok agar mendiskusikan soalpadabukuLKS
·         Tiap kelompok mendapat tugas mengenai mencari peluangdarisuatukejadian  dalam kehidupan sehari-hari.
·         Siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut.
Menanya
·         Apabila siswa belum mampu menjawabnya atau ada siswa yang bertanya, guru memberi scaffolding, dengan mengingatkan siswa melalui berbagai contoh yang sesuai dengan permasalahan padabuku lembar kerja siswa.
Mengeksplorasi
·         Guru melakukanaktivitas tanya jawabdengansiswa, agar siswadapat memperluas pemahaman tentang peluang dan cara menyelesaikannya,kemudian kembali berdiskusi dengan teman satu kelompoknya.
·         Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya.

Mengasosiasi / mengolah informasi
·         Melaluiinformasi-informasi yang diperoleh, dandaridiskusidengantemankelompoknyasiswamenganalisismasalahpadabuku LKS hinggamampumenemukancarapenyelesaiannya.

Mengkomunikasikan
·           Salah satu anggota kelompok menyampaikan  hasil diskusinya.
·           Secara klasikal, siswa kelompok lain dan guru menanggapi, hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, melengkapi informasi atau memberi penguatan atas suatu pendapat.
·           Guru memberikan penguatan kepada siswa yang menyelesaikan tugasnya dengan baik dan kepada siswa yang aktif.

60  menit








Penutup
1.     Untuk mengevaluasi pembelajaran materi peluang, guru memberikan kuis sebelum pembelajaran berakhir.
2.     Guru mengarahkan siswa untuk dapat  menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
3.     Guru memberikan PR
4.     Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya.

20 menit

H.    Penilaian
1.      Sikap Spritual
a.       Teknik Penilaian     : Observasi dan Penilaian Diri
b.      Bentuk Instrumen  : Lembar Observasi dan Lembar Penilaian Diri
c.       Kisi-kisi                  :
No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah
Butir Instrumen
1.

Bersyukur atas anugrah Tuhan
Tekun melaksanakan doa sebelum memulai pelajaran.
1
Seriusdalammengikutipembelaja­ranmatematika.
1


JUMLAH
2

d.      Instrumen               : Lembar Observasi (Lampiran 1A) dan
Lembar Penilaian Diri (Lampiran 1C).
e.       Petunjuk Penghitungan Skor (Lampiran 1B).
2.      Sikap Sosial
a.       Teknik Penilaian     : Observasi dan Penilaian Diri.
b.      Bentuk Instrumen  : Lembar Observasi dan Lembar Penilaian Diri.
c.       Kisi-kisi
No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah
Butir Instrumen
1.
Memiliki rasa ingintahudanpercayadiri.
Sukabertanyaselama proses pembelajaran
1
Beranipresentasidi depankelas.
1
Memilliki sikap santun terhadap teman
1
Menghargai pendapat teman dalam kelompok
1


JUMLAH
4

d.      Instrumen               : Lembar Observasi (Lampiran 2A) dan
  Lembar Penilaian Diri (Lampiran 2C).
e.       Petunjuk Penghitungan Skor (Lampiran 2B).
3.      Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian     : Tes Tertulis.
b.      Bentuk Instrumen  : Jawaban singkat.
c.       Kisi-kisi
No.
Indikator
Jumlah
Butir Soal
1.
Menjelaskan konsep ruang sampel suatu kejadian.
1
2.
Mendeskripsikan peluang suatu kejadian dalam suatu percobaan.
1
3.
Mendeskripsikan  rumus peluang dan menggunakannya dalam memprediksi terjadinya suatu kejadian dunia nyata serta menjelaskan alasan- alasannya.
1
4.
Menggunakan konsep peluang dan harapan suatu kejadian untuk memecahkan masalah.
1
5.
Terampil menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
1
6.
Terampil menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan peluang dan harapan suatu kejadian.
1

JUMLAH
6

d.      Instrumen               : Lampiran 3A.
e.       Petunjuk (rubrik) penskoran dan penentuan nilai   : Lampiran 3B.
4.      Keterampilan
A.    Kriteria penugasan materi/diskusi
4 = apabila SELALU melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
3 = apabila SERING  melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
2 = apabila KADANG-KADANG  sesuai pernyataan yang diberikan
1 = apabila TIDAK PERNAH  sesuai pernyataan yang diberikan
Rubrik Penilaian Diskusi
No
Nama
Penguasaan materi
Kemampuan menyampaikan pendapat
Kontribusi
Menerima pendapat teman
Jumlah skor
1






2






3






4







Rumus Penilaian             

B.     Kriteria Penugasan
4 = sangat lengkap, apabila semua kriteria terpenuhi
3 = lengkap, apabila salah satu kriteria belum terpenuhi
2 = kurang lengkap, apabila dua kriteria belum terpenuhi
1 =  sangat tidak lengkap, apabila hanya satu kriteria terpenuhi
Rubrik penilaian penugasan
No
Nama
Kesesuaian
Kelengkapan
Kebenaran
Kerapian
Jumlah skor
1






2






3






4






5







6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21







Rumus Penilaian                             
                                                                       
           
LAMPIRAN
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Petunjuk:
1.      Jawablahpadalembarjawaban yang telahdisediakan.
2.      Selesaikansoalberikutdenganjelas.
Soal:

Dalam sebuah kolam kecil terdapat sebanyak 10 ikan lele dan sebanyak 5 ikan gurame. Dengan menggunakan jaring tangan, akan diambil 12 ikan secara acak. Hitunglah nilai peluangnya jika yang terambil itu adalah:
 a) 10 ikan lele dan 2 ikan gurame
b) 9 ikan lele dan 3 ikan gurame


PET

No.
Jawaban
Skor
1.







Jelasuntukkasusini, banyakcaramemilih 12 ikandari 15 ikan yang adadihitungdenganmenggunakankombinasi, yaitu:

a.       Banyakcaramemilih 10 ikanleledari 10 ikanleledanmemilih 2 ikanguramedari 5 ikangurame, dihitungmenggunakankonsepkombinasi, yaitu:

Jadi, peluangterambilnya 10 ikanleledan 2 ikangurameadalah:

b.      Banyakcaramemilih 9 ikanleledari 10 ikanleledanmemilih 3 ikanguramedari 5 ikangurame, dihitungmenggunakankonsepkombinasi, yaitu:
Jadi, peluangterambilnya 10 ikanleledan 2 ikangurameadalah:
10






10






10





10




10

Total Skor akhir
50

No comments:

Post a Comment

sitemap